Rabu

Kepemimpinan Berdasarkan Film Goodbye Bafana


NAMA           : MANDA ARYAN SARI
NPM               : 0816041005
JURUSAN     : ILMU ADMINISTRASI NEGARA
Mata Kul.       : Kepemimpinan Sektor Publik

Kepemimpinan Berdasarkan Film Goodbye Bafana

Kepemimpinan merupakan seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi orang lain, bersikap tegas dan bertanggungjawab terhadap seluruh kegiatan organisasi sehingga dapat mempermudah untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditentukan. Pemimpin dapat mengatasi segala kendala yang ada dalam kegiatan organisasinya serta  berani mengambil resiko untuk mencapai tujuan

Seorang pemimpin memiliki wawasan yang luas dan memiliki pengalaman yang cukup. Ia juga memiliki pandangan untuk kehidupan organisasinya di masa depan agar dapat lebih baik lagi. Dengan menggunakan seluruh wawasan yang pemimpin peroleh serta dari berbagai pengalaman yang Ia lalui, seorang pemimpin dapat mengetahui langkah apa  yang harus Ia lakukan untuk dapat mengatur bawahannya, serta mengatur keberlangsungan kegiatan organisasinya. Dengan wawasan dan pengalaman tersebut pemimpin dapat mengambil keputusan yang tegas dan tepat sekalipun keputusan itu beresiko tinggi, karena seorang pemimpin harus berani mengambil resiko.

Hal-hal yang harus dimiliki seorang pemimpin antara lain;
ä      Bertanggung Jawab.  Seorang pemimpin harus memiliki rasa tanggungjawab  terhadap semua kegiatan yang berkenaan dengan organisasi.
ä      Professional. Seorang pemimpin harus memiliki jiwa profesionalisme dalam melaksanakan tugas organisasi, baik bersikap professional terhadap bawahannya maupun semua yang berkaitan dengan organisasi
ä      Peduli. Seorang pemimpin harus memiliki rasa peduli terhadap bawahan, agar bawahan merasa nyaman dalam melaksanakan kegiatan organisasi yang diperintah oleh atasan.
ä      Tegas. Seorang pemimpin harus memiliki sikap yang tegas terhadap bawahan serta tegas dalam pengambilan keputusan. Sehingga kegiatan yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.
ä      Kecakapan fisik dan menthal. Kecakapan fisik dan mental yang baik  harus dimiliki seorang pemimpin, sehingga dalam menghadapi masalah-masalah yang ada di organisasi, pemimpin dapat mengambil keputusan dengan tepat.

Hal terberat yang dihadapi oleh seorang pemimpin adalah ketika tugas yang diembannya bertolak belakang pada hati nuraninya. Dalam film ini diceritakan bahwa sahabat kecilnya sendiri dipenjara dan diberi penyiksaan oleh tentara ras kulit putih. Namun Ia tidak dapat berbuat apa-apa karena peraturan telah berbicara bahwa bangsa kulit hitam dianggap sebagai penjahat oleh bangsa kulit putih.  Padahal jauh dilubuk hatinya ini tidak adil dan tak berprikemanusiaan namun demi tugas Ia harus bersikap professional  dalam melaksanakan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar